Andromin | Tips Trik dan Info Android Terbaru 2017

Kumpulan Tutorial, tips trik, informasi serta download aplikasi dan games android terbaru

Tuesday, August 4, 2015

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD Tanpa Komputer

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD Tanpa Komputer atau PC - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara Mempartisi kartu micro SD tanpa menggunakaan PC/Komputer, Partisi itu sendiri adalah suatu cara untuk membagi micro SD kebeberapa bagian dan salah satu bagiannya bisa diakses langsung oleh sistem android sehingga menjadikannya menjadi memori internal tambahan.

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD | AndrominMempartisi micro SD biasanya bertujuan untuk melegakan memori internal android dikarenakan memori internal android terlalu sedikit atau juga karena memori internalnya penuh dengan aplikasi-aplikasi yang di instal pada ponsel android kalian.
Dengan melakukan partisi pada memori android kita bisa memindahkan aplikasi-aplikasi yang telah kita instal tapi mempunyai kapasitas yang besar ke memori internal tambahan yang berada pada micro SD, tetapi untuk bisa melakukan pemindahan aplikasi ini, HP android kalian harus sudah di ROOT.

Baca juga Artikel Menarik ini :
Keuntungan dan Kerugian Melakukan ROOT pada Android
- Cara Mudah ROOT Semua Jenis Android Tanpa PC menggunakan Framaroot
Mempartisi micro SD bisa dilakukan melalui komputer dan juga bisa dilakukan langsung melalui Hp smartphone android kalian. Nah untuk kali ini saya akan membahas cara mudah mempartisi kartu micro SD langsung melalui HP Android.Agar Hp Android anda mudah di partisi harus memnuhi Syarat-syarat sebagai beriku :
  1. OS Android ( Gingerbread, Ice Cream Sandwich or Jelly Bean, tested di android versi 4.0.4 & saya pakai di 4.1.2 )
  2. Handphone berstatus "ROOT" yaitu ponsel sobat telah dilakukan root untuk akses SuperUser.
  3. Kapasitas Memori Eksternal Micro SD Sobat minimal adalah 4GB. Recommended 4GB, 8GB, 16GB, 32GB with Class 4 Class 6, Class 8, Class 9, Class 10 or higher.
  4. Busy Box harus sudah terinstall di ponsel Sobat. Jika belum, silahkan unduh Busybox disiniAplikasi ini akan berfungsi untuk membuat repository yang diperlukan di gadget Sobat.
  5. Android Partition Aparted yaitu aplikasi utama untuk mempartisi hp sobat. Download Android Partition Tools disini
Note: Aparted tersebut harus terinstall di memori internal agar tidak ERROR. Karena sebelum di partisi maka semua data di sd card (memori eksternal) anda akan hilang. Maka lakukan backup data anda terlebih dahulu di memori eksternal dengan cara copy paste ke komputer terlebih dahulu dengan Card Reader atau MMC Adapter.
Setelah terpenuhi syarat-syarat di atas sekarang sobat bisa langsung melakukan partisi lewat Hp Android Sobat. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Langkah Pertama Setelah Sobat selesai melakukan backup, langkah selanjutnya adalah melakukan Format Data pada SD Card Sobat terlebih dahulu. Silahkan pergi ke menu Format pada Android kalian. Ikuti tutorialnya gambar berikut ini.

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD | Andromin

2. Kemudian Sobat pilih Unmount SD Card caranya dengan pergi ke " setting - penyimpanan - Lepaskan Kartu Micro SD storage - unmount kartu SD " . Pada proses ini akan bekerja hanya jika sobat meng-unmount kartu SD atau sobat akan mendapatkan error jika tidak melakukan ini, bahkan micro sd sobat dapat rusak.

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD | Andromin

Kemudian Sobat Pilih "OK" untuk melanjutkan proses selanjutnya.

3. Setelah sobat menonaktifkan fungsi dari memori sd card, selanjutnya kalian buka aplikasi aparted & pilih tab " CREATE "& tekan pada hijau " + PLUS " tombol untuk membuat kapasitas baru. Sobat akan diminta untuk membuat partisi pertama. Mempartisi ini akan bisa diakses bagi pengguna sebagai penyimpanan eksternal . Sobat juga Dapat memilih jumlah ruang sesuai dengan kebutuhan sobat. Caranya dengan menggeser penggaris warna hijau sesuai keinginan kalian. Sebagai contoh disini, saya menggunakan 4 GB kartu SD ( 3,9 akan diakses ) .

Sekarang yaitu membuat partisi pertama sebesar 2 GB . Pilih jenis tipe datanya sebagai "FAT 32" (Primary) & pilih " APPLY CHANGES " dengan menekan menu pilihan . Ini akan membuat partisi utama ruang yang Sobat inginkan dengan menghapus semua isi kartu SD yang digunakan sebagai penyimpanan eksternal.

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD | Andromin

4. Setelah selesai melakukan primary partition select tool (partisi pertama). Sobat akan ditampilkan sebagai bagian 1 dan bagian 2 tersedia untuk kartu SD Sobat. Sobat dapat membuat beberapa bagian partisi kartu SD Sobat maksimal hingga 4 partisi. Akan tetapi sebaiknya cukup 2 partisi saja, karena jumlah yang lebih tinggi dari partisi sangat membutuhkan keahlian yang lebih teknis contohnya untuk Developers.

Sekarang bagian pertama adalah partisi utama yang tadi sudah dibuat dan bagian kedua adalah ruang yang tersisa yang akan digunakan oleh ponsel sobat sebagai memori internal. Ceklis kotak centang pada bagian yang tersisa kedua dan ganti jadi EXT2 bukan format FAT32. Sekarang aplikasi akan membuat partisi kedua tunggu hingga aplikasi selesai membuat partisi.

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD | Andromin

Gambar diatas hanyalah ilustrasi contoh, silahkan sobat beri tanda ceklis untuk membuat partisi baru. PART 1 adalah partisi pertama, PART 2 adalah partisi kedua, dan seterusnya.

Untuk langkah partisi terakhir, silahkan sobat buat kapasitasnya, sebesar sisa dari ruang memori yang masih tersedia. Namun biasanya secara otomatis akan ditunjukkan memori yang tersisa. Kemudian pilih tipe "Linux SWAP" untuk proses ini. Fungsi SWAP dapat membantu meningkatkan proses kinerja RAM. SWAP sendiri tidak perlu terlalu banyak karena dari Linux telah disediakan space sebesar 100-500 MB.

5. Langkah terakhir silahkan reboot devices android Sobat. Setelah hp Android kalian melakukan proses restart, secara otomatis partisi pada memori SD Card yang tadi kita buat telah selesai dan berhasil anda dilakukan.

Tetapi masih belum selesai, agar aplikasi pada memori internal android bisa di pindahkan sobat harus download dan menyeting juga aplikasi Link2SD (jika sobat belum memiliki aplikasi Link2SD sobat bisa mendownloadnya di akhir artikel ini)

Cara Setting Link2SD Apps di Android :
1. Install aplikasi Link2SD di ponsel Sobat. Letakkan dan pindahkan pada memori Internal ya aplikasi ini. 

2. Matikan telepon Sobat & meletakkan kartu MicroSD yang dipartisi di telepon Sobat. Sekarang Start your Android phone & membuka "Link2SD", kemudian memberikan akses ROOT permisions. Pilih ext4, tunggu beberapa saat script menciptakan & reboot kembali telepon kamu.

3. Link2SD Apps akan meminta Sobat untuk melakukan reboot, klik OK.

4. Buka lagi Link2SD & pergi ke Settings, dan pilih External pada Install Location.

5. Kemudian, silahkan ceklis di kotak pemilihan Relink otomatis ini.

Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD | Andromin

Nah Sekarang, ketika sobat menginstal aplikasi, akan otomatis pindah ke partisi EXT4. Ingat, ketika Sobat akan akan menginstal sebuah aplikasi & jika sobat ingin aplikasi yang diinstall tetap berada pada memori telepon, discheck "Auto Link", & menginstal, setelah recheck "Auto Link". Dengan Link2SD Sobat bisa menginstal, uninstall, Link & menghapus link dari aplikasi Sobat dengan mudah tanpa PC atau Komputer.

Share : Cara Mudah Partisi Kartu Micro SD Tanpa Komputer

Back To Top